PEMBUATAN MINYAK KELAPA MURNI / VIRGIN COCONUT OIL (VCO) KAYA AKAN MANFAAT

Administrator 10 November 2022 13:38:45 WITA

Berlokasi di Banjar Dinas Yeh Biyu, Desa Patas, Kec. Gerokgak, Kab.Buleleng-Bali, ibu-ibu PKK yang beranggotakan 8 orang berkumpul untuk melakukan pembuatan minyak Virgin coconut oil (VCO) yang mereka namakan VCO “Bersih Mesari”.

Minyak Virgin coconut oil (VCO) alias minyak kelapa dara yang merupakan salah satu makanan yang paling menyehatkan di dunia lantaran prosesnya yang alami dan banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. VCO diperoleh dari ekstrak santan kelapa segar tanpa proses pemanasan, penyulingan, pengharuman, dan pemutihan sehingga tidak mengubah sifat alami minyak, hal ini juga lah yang menjadikan minyak ini dinamakan minyak kelapa dara atau Virgin Coconut Oil.

Karena sifatnya yang alami yang diekstrak pertama kali membuatnya berbeda dari minyak kelapa biasa dan manfaatnya jauh lebih baik dari minyak kelapa biasa. Diketahui VCO memiliki kandungan kaya akan fatty acid (asam lemak baik) dan tidak mengandung senyawa yang sifatnya karsinogenik yang merupakan zat penyebab kanker yang mengganggu proses sistem biologis tubuh.

Kini banyak orang beralih menggunakan VCO sebagai minyak goreng dengan alasan Virgin coconut oil lebih menyehatkan ketimbang minyak goreng biasa untuk sehari-hari. Minyak VCO ini juga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk mengganti minyak goreng biasa yang saat ini keberadaannya sulit didapatkan dan harganya yang mulai melambung.

VCO Bagus dikonsumsi secara rutin karena mengandung rendah lemak jenuh dan bebas lemak trans, sehingga VCO sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh.

Mulai dari kegunaannya untuk tubuh bagian luar, tubuh bagian dalam, pencernaan, jantung, kekebalan tubuh, kecantikan kulit, kesehatan tulang dan gigi,dan sejuta manfaat lainnya bagi tubuh.

Manfaat yang didapat dari Kandungan VCO adalah :

  • Membuat wajah lebih indah dan glowing

Kandungan minyak VCO bisa membuat kulit lebih indah dan berseri dengan cara dioleskan maupun diminum. Jika mau diminum cukup dengan mengkonsumsinya 3 sendok makan setiap pagi secara rutin dan dilakukan sebelum sarapan. jika hendak dioleskan cukup dengan cara mengoleskannya di kulit, maka bekas luka, jerawat, flek hitam, stretch mark, dan permasalahan kulit lainnya dapat teratasi.

  • Membantu menurunkan berat badan

Kandungan asam lemak medium pada VCO ternyata mampu mengubah lemak menjadi energi, sehingga proses metabolisme tubuh dapat meningkat. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sejumlah wanita yang mengkonsumsi VCO secara rutin mengalami penurunan lemak pada abdomen secara drastis.

  • Memperkuat Tulang dan Gigi

Antioksidan dalam VCO terbukti menangkal gangguan pada tulang dan gigi. Penyakit osteoporosis, rambut rontok, kusut maupun kusam akan teratasi dengan konsumsi rutin dari VCO ini.

  • Mampu mencegah penyakit Jantung

Sebuah penelitian di Pasifik Selatan yang mengamati sejumlah orang yang rutin mengkonsumsi minyak VCO ternyata memiliki umur yang lebih lama dan jantung yang sehat.

  • Menjaga sistem pencernaan

Minyak VCO selain ampuh melawan kuman dan bakteri juga dapat membantu proses penyerapan nutrisi, membuang racun dan menangkal radikal bebas.

  • Menjaga kadar kolesterol

Kolesterol tinggi disebabkan oleh penumpukan lemak jahat. Diketahui VCO mampu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan mengurangi LDL (kolesterol jahat).

  • Mencegah Alzheimer

Penyakit penurunan daya ingat ini sering menyerang para lansia, ditandai dengan penurunan kemampuan berbicara, kemampuan kognitif, hingga perubahan perilaku. Kandungan katon pada VCO mampu menjadi sumber energi alternatif untuk mendukung fungsi otak agar tetap maksimal.

Selain hal yang disebutkan tadi juga masih banyak kandungan dan manfaat VCO lainnya yang bisa kita gunakan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan sehat. Proses pengolahannya yang mudah dan alami tak diragukan lagi untuk dicoba dan dijadikan salah satu kiat sehat yang murah namun memiliki manfaat luar biasa.

 

#pataslebihbaik

Komentar atas PEMBUATAN MINYAK KELAPA MURNI / VIRGIN COCONUT OIL (VCO) KAYA AKAN MANFAAT

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Patas

tampilkan dalam peta lebih besar