BULAN BAHASA BALI

01 Februari 2017 15:32:26 WITA

Bahasa Bali adalah sebuah bahasa Austronesia dari cabang Sundik dan lebih spesifik dari anak cabang Bali-Sasak. Bahasa ini terutama dipertuturkan di pulau Bali, pulau Lombok bagian barat, dan sedikit di ujung timur pulau Jawa. Di Bali sendiri Bahasa Bali memiliki tingkatan penggunaannya, misalnya ada yang disebut Bali Alus, Bali Madya dan Bali Kasar. Hal ini terjadi karena pengaruh bahasa Jawa menyebar ke Bali sejak zaman Majapahit, bahkan sampai zaman Mataram Islam, meskipun kerajaan Mataram Islam tidak pernah menaklukkan Bali. Yang halus dipergunakan untuk bertutur formal misalnya dalam pertemuan di tingkat desa adat, meminang wanita, atau antara orang berkasta rendah dengan berkasta lebih tinggi. Yang madya dipergunakan di tingkat masyarakat menengah misalnya pejabat dengan bawahannya, sedangkan yang kasar dipergunakan bertutur oleh orang kelas rendah misalnya kaum sudra atau antara bangsawan dengan abdi dalemnya, Di Lombok bahasa Bali terutama dipertuturkan di sekitar kota Mataram, sedangkan di pulau Jawa bahasa Bali terutama dipertuturkan di beberapa desa di kabupaten Banyuwangi. Selain itu bahasa Osing, sebuah dialek Jawa khas Banyuwangi, juga menyerap banyak kata-kata Bali. Misalkan sebagai contoh kata osing yang berarti “tidak” diambil dari bahasa Bali tusing. Bahasa Bali dipertuturkan oleh kurang lebih 4 juta jiwa.

Bulan Bahasa Bali merupakan Program Pemerintah Provinsi Bali dalam upaya melestarikan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali yang dituangkan dalam Peraturan Gubernur nomor 80 Tahun 2018. Dalam mendukung Program Pemerintah Provinsi Bali, Desa Patas telah ikut serta berpartisipasi melaksanakan kegiatan Bulan Bahasa Bali. Bulan Bahasa Bali yang telah diselenggarakan yaitu Lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat SD Se-Desa Patas.   

Lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat SD Se-Desa Patas dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2019, pada pukul 08.00 – 13.30 Wita, yang bertempat di GOR Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Kegiatan Lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat SD Se-Desa Patas ini diikuti oleh anak-anak SD perwakilan dari masing-masing Banjar Dinas, yang terdiri atas :

  • Perwakilan Banjar Dinas Tegal Asri yaitu 3 siswa kelas IV dan 3 siswa kelas V
  • Perwakilan Banjar Dinas Tegal Sari yaitu 3 siswa kelas IV dan 3 siswa kelas V
  • Perwakilan Banjar Dinas Merta Sari yaitu 3 siswa kelas IV dan 3 siswa kelas V
  • Perwakilan Banjar Dinas Mekar Sari yaitu 3 siswa kelas IV dan 3 siswa kelas V
  • Perwakilan Banjar Dinas Yeh Panes yaitu 3 siswa kelas IV dan 3 siswa kelas V
  • Perwakilan Banjar Dinas Yehbiu yaitu 3 siswa kelas IV dan 3 siswa kelas V
  • Perwakilan Banjar Dinas Yehbiu Kelod yaitu 1 siswa kelas V

Sehingga jumlah keseluruhan peserta saat mengikuti lomba adalah 37 orang. Untuk meningkatkan semangat para peserta dalam lomba ini, maka peserta yang mendapat juara 1, 2, dan 3, di masing-masing tingkat kelas mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan alat tulis. Sedangkan peserta lomba yang tidak mendapatkan juara mendapatkan piagam peserta.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Patas

tampilkan dalam peta lebih besar