PACENTOKAN KOOR GENDING BALI, NYURAT AKSARA BALI, LAN MABUSANA ADAT BALI

Administrator 25 Februari 2019 11:24:19 WITA

Tradisi atau kebiasaan (Latintraditio, "diteruskan") adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negarakebudayaanwaktu, atau agama yang sama. Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah adanya informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun (sering kali) lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi dapat punah.

Pada hari minggu, tepatnya pada tanggal 24 februari 2019 diadakan “ LOMBA/PACENTOKAN KOOR GENDING BALI, NYURAT AKSARA BALI, LAN MABUSANA ADAT BALI ” yang bertempat di GOR AMARTHA PATAS yang beralamat di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Lomba ini dihadiri langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnya,ST beserta jajarannya tiba di lokasi lomba sekitar pukul 09.20 WITA. Lomba yang diikuti Semua Gugus Sekolah Dasar Sekecamatan Gerokgak dan Seluruh Desa di Kecamatan Gerokgak ini berlangsung penuh kemeriahan dan juga hikmat, pasalnya Lomba/Pacentokan tersebut juga dihadiri oleh musisi dari grup band dari Bali Gede Lanang Darma Wiweka yang akrab disapa Lanang Botak.

 

Setelah pamungkah/pembukaan oleh pembawa acara, acara kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan “INDONESIA RAYA” , kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa, setelah pembacaan doa, acara kemudian berlanjut dengan sambutan dari Bapak Camat Gerokgak Made Juartawan,S.STP,MM. Setelah sambutan dari bapak camat gerokgak, kemudian dilanjutkan dengan Sambrama Wacana dari Bapak Bupati Buleleng Putu Agus Suradnya,ST yang mengapresiasi pelaksanaan Lomba/Pacentokan tersebut, sambutan bapak bupati tersebut sekaligus membuka acara ditandai dengan pemukulan gong.

 

LOMBA KOOR GENDING BALI diikuti perwakilan guru -guru dari 8 Gugus Sekolah Dasar yang tersebar di Kecamatan Gerokgak, Selanjutnya LOMBA NYURAT AKSARA BALI diikuti Oleh Truna-Truni yang berumur 17 s/d 25 tahun dari 14 desa yang ada di Kecamatan Gerokgak, kemudian yang terakhir adalah LOMBA MABUSANA ADAT BALI yang juga diikuti Oleh Truna-Truni yang berumur 17 s/d 25 tahun dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Gerokgak.

 

Dari sekian lomba yang diadakan maka diperoleh juara-juara pada setia cabang, antara Lain :

  • LOMBA KOOR GENDING BALI

Juara I : Gugus II (SD N 1 PENGULON, SD N 2 PENGULON, SD N 3 PENGULON, SD N 1 TINGA-TINGA, SD N 2 TINGA-TINGA, SD N 3 TINGA-TINGA)

Juara II : Gugus V (SD N 1 MUSI, SD N 2 MUSI, SD N 1 PENYABANGAN, SD N 2 PENYABANGAN, SD N 1 BANYUPOH, SD N 2 BANYUPOH, SD N 3 BANYUPOH)

Juara III : Gugus VIII (SD N 1 PEJARAKAN, SD N 2 PEJARAKAN, SD N 3 PEJARAKAN, SD N 4 PEJARAKAN, SD N 5 PEJARAKAN, SD N 6 PEJARAKAN, SD N 1 SUMBERKLAMPOK, SD N 2 SUMBERKLAMPOK)

  • LOMBA NYURAT AKSARA BALI

Juara I : Desa Sanggalangit

Juara II : Desa Pengulon

Juara III : Desa Celukanbawang

  • LOMBA MABUSANA ADAT BALI

Juara I : Desa Patas

Juara II : Desa Penyabangan

Juara III : Desa Pemuteran

 

Demikian yang dapat kami beritakan, kurang lebihnya kami memohon maaf, mari bersama ajegkan bali.

Om Santih, Santih, Santih OM

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Patas

tampilkan dalam peta lebih besar